rajaerba.id – Dalam dunia medis memang begitu banyak cabang keilmuan yang lebih rinci. Hematologi merupakan salah satu bidang yang ada di dunia Kesehatan. Hematologi adalah ilmu yang mempelajari berbagai penyakit yang berhubungan dengan darah. Darah merupakan bagian penting di tubuh manusia. Kelainan pada darah sangat beragam jenisnya mulai dari anemia, hemofilia hingga kondisi kanker yang dikenal dengan nama  leukimia. Semua dipelajari dalam satu bidang ilmu dan dokter yang menguasai bidang tersebut dikenal nama hematologi.

Apa Tujuan Dari Pemeriksaan Hematologi?

Berikut adalah beberapa tujan dilakukannya pemeriksaan ke dokter hematologi :

  1. Mencari Adanya Infeksi

Dokter hematologi membutuhkan pemeriksaan darah bertujuan mengetahui adanya indikasi infeksi. Infeksi bisa terjadi karena berbagai sebab dan bisa berakibat fatal untuk sebagian individu. Setelah melakukan pemeriksaan darah maka dokter bisa mengambil tindakan tepat jika belum ditemukan adanya indikasi infeksi.

  1. Untuk Kebutuhan Pengobatan

Pemeriksaan darah disarankan oleh dokter hemetologi sebelum dijalankan prosedur pengobatan tertentu. Dokter harus mengetahui seperti apa status Kesehatan pasien dari pemeriksaan darah. Dari hasil pemeriksaan dapat menunjukan pasien bisa menerima jenis obat tertentu atau tidak. Pemeriksaan juga dilakukan setelah pengobatan untuk menilai efektivitas obat yang diberikan.

Baca Juga : Apa Pengertian Laboratorium dan Apa Fungsi Laboratorium?

  1. Untuk kebutuhan Transfusi Darah dan Sumsum Tulang

Pemeriksaan darah bisa menjadi penting yang harus dilakukan saat pasien akan melakukan transfuse darah. Baik bagi pihak penerima maupun pendonor harus menjalani pemeriksaan darah. Bukan hanya transfusi darah, pemeriksaan darah juga penting untuk dilakukan untuk calon pendonor dan penerima sumsum tulang.

  1. Sebagai Penilai Keadaan Pasien Operasi

Pasien yang telah menjalani operasi juga akan diarahkan untuk melakukan pemeriksaan hematologi. Bukan hanya dilakukan sebelum tindakan operasi namun pemeriksaan juga biasanya dilakukan setelah operasi selesai. Ini dilakukan untuk mengetahui status Kesehatan pasien dan menilai keamanan atau keberhasilan tindakan operasi.

  1. Mendiagnosis Penyakit

Pemeriksaan darah biasa dilakukan saat dokter harus melakukan diagnosis penyakit. Terutama penyakit yang berhubungan dengan kelainan darah. Seperti anemia, leukimia, limfoma, hemofilia dan lain-lain. Tapi perlu diketahui bahwa pemeriksaan darah bukan acuan utama untuk dokter dalam mengeluarkan diagnosis. Ini hanya menjadi salah satu media yang mempermudah dokter. Bisa juga dilakukan tes lainnya untuk mengetahui diagnosis.

Jenis Pemeriksaan Hematologi Apa Saja?

Ada banyak jenis pemeriksaan hematologi yang dapat dilakukan. Salah satunya pemeriksaan darah lengkap. Tujuan dari pemeriksaan hematologi adalah menilai kondisi darah secara keseluruhan dan membantu diagnosis anemia, penyakit peradangan, memantau kehilangan darah, infeksi sampai kanker.

Pemeriksaan darah meliputi :

  • Jumlah sel darah merah berikut dengan volumenya.
  • Sel darah putih beserta hitung jenisnya.

Bisa juga dilakukan pemeriksaan partial thromboplastin time (PTT), pemeriksaan prothrombin time (PT), international normalized ratio (INR). Semuanya bertujuan untuk menilai pembekuan darah beserta gangguannya.

Dimana Membeli Alat Hematologi?

Rajaerba Indochem merupakan Distributor Alat Kesehatan dan Laboratorium yang sudah terdaftar di KEMENKES RI AKL. Hematology Analyzer 3 Diff, Hematology Analyzer 3 Diff with CRP, Hematology Analyzer 5 Diff dan Reagent Hematology semua alat dan reagent sudah ber AKL.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi :

PT RAJAERBA INDOCHEM

WA : 0821-1353-6610

Jl. Warung Buncit Raya No.8, RT.3/RW.2, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760

Referensi :

Sumber

Sumber
0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Log in with your credentials

Forgot your details?